4 Sektor yang Bisa Datangkan Cuan Di 2023 Menurut Bos BCA

Hallo sobat sukses, kali ini kita akan membahas mengenai Bos BCA, yaitu seorang presiden direktur BCA yang bernama Jahja Setiaatmadja. Sebelum ke pembahasan 4 sektor tersebut, terlebih dahulu kita membahas mengenai latar belakang dari seseorang yang sangat sukses meniti karirnya. 

Pada tahun 1982, Jahja Setiaatmadja lulus dari Fakultas Ekonomi di Universitas Indonesia dan ia memulai kariernya sebagai cost accountant di Kalbe Farma. Lalu 6 tahun kemudian pada tahun 1988 ia dipromosikan menjadi direktur keuangan di Grup Kalbe Farma. Setelah itu pada tahun 1990 ia bergabung ke BCA sebagai General Manager dan 9 tahun kemudian ia diangkat sebagai direktur bank BCA dan sejak tahun 2011 mengemban tugas sebagai Presiden Direktur BCA. 

Menurut Jahja Setiaatmadja dalam meniti karir pastilah mengalami kesulitan, namanya bekerja itu tidak ada yang mudah. Tetapi semakin kita menjalani terpaan kesulitan yang ada, disitulah kita mulai menimba pengalaman. Semakin kita tekun, gigih dan bersabar pasti bisa kita atasi semuanya.

Pesan yang sangat ditekankan dari seorang bos BCA ini adalah “janganlah mau instan, terutama bagi generasi milenial yang saat berkarya inginnya selalu instan dan cepat, ingatlah saat ingin menanam sesuatu itu perlu proses yang lama, tanah yang kering harus digemburkan, disirami, bibitnya dicari yang baik serta rajin dipupuk, nah itu akan menjadi tanaman yang kokoh. Kalau seperti pohon toge cepat tumbuh namun akhirnya tumbang.

Jadi, janganlah cari yang instan, pilihlah yang betul-betul berakar dan memiliki pondasi yang kuat” itulah pesan yang disampaikan oleh seorang Bos BCA, sama halnya dengan beberapa sektor yang ada di Indonesia, haruslah memiliki pondasi yang kuat guna memahami sedalam-dalamnya setiap masalah yang harus kita hadapi di kemudian hari agar hasilnya bisa dinikmati secara berkala dan berkelanjutan. 

Menurut Jahja, kita harus optimis menghadapi tahun 2023. Terlepas dari adanya pandemi covid-19 atau hal-hal buruk lainnya, harapan besar pada tahun 2023 akan dapat mendatangkan hasil yang besar. Beliau juga sangat optimis pada tahun 2023 bisa mencapai 12,6% YOY. Nah selanjutnya setelah mengetahui latar belakang dan jenjang karirnya yang luar biasa, ternyata terdapat 4 sektor yang bisa mendatangkan cuan di tahun 2023 menurut bos BCA, apa saja ya? Mari simak penjelasan berikut. 

  • Konsumen Di Bidang Makanan

Menurut Jahja, “Sektor konsumsi akan tetap diperlukan karena seluruh masyarakat Indonesia butuh makanan dan perlengkapan kebutuhannya seperti sandang atau fashion” Kamis, (20/10/2022). Sektor makanan memang akan terus menjadi tren yang berkembang dan merupakan sektor industri yang sangat besar pengaruhnya terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. Bahkan UMKM dan industri lainnya paling banyak menjamah sektor makanan. 

  • Fashion

Jangkauan fashion ini sangat luas kaitannya, berdasarkan pada yang dikemukakan oleh Bos BCA, fashion ini adalah sesuatu yang dibutuhkan oleh seluruh masyarakat Indonesia. artinya trend fashion akan terus diikuti oleh masyarakat Indonesia dan inilah yang mendatangkan cuan berkelanjutan. 

  • Pariwisata 

Jahja mengatakan bahwa dirinya mengharapkan sektor pariwisata dapat terus tumbuh dan berkembang. Saat ini sudah diberlakukan situasi normal dan pemerintah mulai melonggarkan aktivitas dan mobilitas masyarakat untuk bepergian. Nah, dengan hal ini diharapkan pada tahun 2023 akan sangat berpotensi bagi kemajuan sektor pariwisata.  

  • Perbankan

Di dalam perbankan banyak yang bisa dipelajari, kita bisa mempelajari berbagai industri-industri walaupun kita bukan ahli di setiap bidang industri, tetapi di dalam perbankan kita harus tahu macam-macam hal di segala bidang. Menurutnya, perbankan ini sangat menarik. Perkembangan teknologi juga sangat dinamis dan di bank itu salah satu penunjang yang sangat pentingnya adalah digitalisasi. Dan ini sangatlah menarik karena terdapat banyak tantangan yang bisa ditaklukan jika berada pada sektor perbankan. Jadi saat tantangan itu banyak, kita akan dituntut untuk terus belajar dan mengikuti perkembangan. 

Menurut Jahja, sektor perbankan ini memiliki perbedaan dengan sektor-sektor lainnya. perbankan BCA itu sendiri komposisinya saat ini mencapai 12% yang terdiri dari deposito dan hal lainnya terdiri dari CASA. 

Jahja juga menegaskan bahwa transformasi kredit mulai melambat yang disebabkan oleh kenaikan loan dan suku bunga yang lebih lama bahkan dpk. Perubahan yang akan terasa juga bisa dirasakan jika struktur depositnya besar. Sementara selama ini kartu kredit akan ditahan dari perkembangan pasar. 

Sementara saat ini di Bank Indonesia itu sendiri terjadi peningkatan yang sanagt positif, hal ini akan berdampak pada income perusahaan terlepas dari kredit atau pinjaman. Hal ini menjadikan tren government ekosistem ekonomi yang sudah meningkat ke arah yang lebih positif. 

Nah, itulah 4 sektor yang bisa datangkan cuan di tahun 2023 menurut Bos BCA. Teman-teman bisa memanfaatkan peluang ini ditahun yang akan datang untuk mengikuti trend yang ada. Semoga tulisan ini menambah wawasanmu ya.