5 Manfaat Perdagangan Internasional

5 Manfaat Perdagangan Internasional

Pertumbuhan ekonomi yang baik sudah pasti didukung dengan adanya perdagangan internasional. Transaksi jual beli yang dilakukan antar dua negara atau lebih, baik berupa barang maupun jasa. Perdagangan internasional dapat terjadi karena setiap negara belum mampu untuk memenuhi kebutuhan seluruh warganya. Hal yang menjadi pemicunya yakni adanya keterbatasan teknologi serta sumber daya alam maupun manusia.

Di negara-negara maju sekali pun, bukan berarti dapat memenuhi semua permintaan para warganya. Jadi, dapat dikatakan bahwa tiap negara pasti akan melakukan perdagangan internasional.

Pada dasarnya, perdagangan internasional sendiri sama halnya dengan barter. Sehingga dapat disimpulkan dari perdagangan internasional, pasti akan terjadi proses ekspor dan impor antar negara, pertukaran barang dan jasa, serta kerja sama lainnya dalam bidang ekonomi. Kegiatan ekonomi tersebut sangatlah penting bagi setiap negara terutama dalam pemenuhan kebutuhan masing-masing negara. 

Manfaat Perdagangan Internasional

Perdagangan internasional dapat dilakukan oleh siapa pun yaitu perusahaan-perusahaan besar, para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan juga perseorangan. Kegiatan ini menjadi salah satu upaya untuk menumbuhkan daya beli masyarakat yang berkualitas sehingga ekonomi suatu negara menjadi lebih baik. 

Kami telah merangkum beberapa dampak positif perdagangan internasional dari berbagai sumber, berikut penjelasannya.

1. Menjalin Hubungan yang Baik Antar Negara

Melalui perdagangan internasional, akan terjalin hubungan bilateral maupun multilateral yang baik pada setiap negara. Bilateral merupakan kerja sama yang dilakukan antar 2 negara sedangkan multilateral antar 3 negara ataupun lebih. 

Hubungan tersebut akan membawa manfaat antara satu negara dengan negara lainnya. Karena antar negara menjadi saling bergantung untuk dapat memenuhi kebutuhan masing-masingnya. Hubungan yang terjalin dengan baik juga dapat membuat kedua negara atau lebih semakin akrab dan bersahabat. 

Dengan begitu, tidak menutup kemungkinan bahwa nantinya kerja sama antar negara tersebut semakin berkembang luas. Artinya, tidak hanya kerja sama pada sektor eekonomi saja akan tetapi juga dapat bertambah di sektor lainnya seperti politik ataupun sosial. Sehingga jika salah satunya sedang mengalami kesulitan, maka yang lainnya akan memberikan bantuan.

2. Meningkatkan Devisa Negara

Manfaat berikutnya yang tak kalah penting dari perdagangan internasional yaitu peningkatan pada cadangan devisa. Dan salah satu hal yang akan meningkatkan devisa suatu negara yaitu dengan adanya kegiatan ekspor. Semakin banyak jumlah barang atau jasa yang dijual oleh suatu negara ke negara lainnya, maka akan semakin besar pula cadangan devisanya.

Devisa tersebut dapat digunakan untuk berbagai hal, namun yang paling utama adalah membiayai impor atau pembelian produk dari negara lain. Hal ini menjadi penting ketika suatu negara sedang membutuhkan sebuah produk yang memang belum ada dan tidak dapat diproduksi sendiri. Selain itu, devisa negara juga dapat membantu menstabilkan nilai tukar mata uang suatu negara terhadap mata uang asing (valuta asing). 

5 Manfaat Perdagangan Internasional

3. Memperoleh Barang atau Jasa yang Belum Tersedia

Banyak sekali negara yang masih terkendala teknologi untuk dapat memproduksi sendiri suatu produk. Kadang kala juga terkendala oleh terbatasnya sumber daya manusia maupun faktor geografis (iklim dan cuaca).

Misalnya, Indonesia sebagai negara tropis tidak dapat ditumbuhi pohon kurma dengan baik. Maka dari itu, Indonesia harus mengimpor kurma dari luar negeri yaitu Timur Tengah. Kegiatan impor dapat terjadi karena memang ada permintaan dari masyarakat.

Melalui impor, antar negara satu dengan yang lain dapat saling melengkapi. Karena masing-masing negara akan berperan dalam memenuhi kebutuhan suatu negara, baik itu berupa produk barang maupun jasa. Dan hal tersebut sangatlah wajar untuk meningkatkan kualitas konsumsi dan daya beli masyarakat. Maka pertumbuhan ekonomi suatu negara semakin cepat terjadi sehingga pendapatan masyarakatnya akan semakin meningkat. 

4. Memperluas Pasar

Manfaat ini biasanya banyak dirasakan oleh para pelaku UMKM. Karena dengan melakukan ekspor maka pangsa pasar mereka semakin luas. Jadi, bukan hal yang harus dikhawatirkan lagi jika permintaan di dalam negeri sedang menurun. Dengan memasarkannya ke luar negeri, kemungkinan besar mereka akan mendapatkan permintaan yang jauh lebih banyak.

Ditambah lagi dengan hadirnya berbagai inovasi teknologi sekarang ini yang memudahkan para pengusaha untuk memasarkan produknya secara online atau  dikenal dengan istilah digital marketing. Tentu hal ini akan sangat bermanfaat bagi para pengusaha untuk meningkatkan produksi serta memperoleh keuntungan yang besar. 

5. Membuka Lapangan Pekerjaan

Seperti penjelasan sebelumnya, perluasan pasar yang diakibatkan oleh perdagangan internasional otomatis akan meningkatkan produksi secara besar-besaran. Peningkatan produksi tersebut tentunya juga berpengaruh pada kebutuhan sumber daya manusianya. 

Para pengusaha akan mencari tenaga kerja sebanyak-banyaknya agar produksi mereka dapat tetap berjalan secara efektif dan efisien. Dengan kata lain, perdagangan internasional dapat membuka lapangan pekerjaan sehingga mengurangi jumlah pengangguran di suatu negara.