psikologi marketing

7 Trik Psikologi Marketing yang Bikin Bisnis Meningkat

Dalam bisnis, tugas penting dari kegiatan marketing adalah memahami mengapa dan bagaimana konsumen berpikir dan bertindak seperti yang diinginkan. Hal ini merupakan apa yang disebut dengan psikologi marketing.

Sebelum memulai strategi marketing yang cenderung teknis, akan lebih mudah apabila memahami terlebih dahulu bagaimana manusia secara psikologis. Kalau sudah paham mengenai psikologi marketing, strategi pemasaran dapat dikatakan sudah sempurna bagi sebuah bisnis.

Kalimat-kalimat dalam marketing Anda dapat memicu sisi emosional konsumen. Jika Anda berhasil menggunakan psikologi marketing dengan baik, maka strategi marketing akan membuat penjualan dalam bisnis Anda semakin lancar.

7 Trik Psikologi Marketing

Berikut ini akan dipaparkan tujuh trik psikologi marketing yang dapat Anda terapkan dalam marketing bisnis Anda:

1. Membangkitkan Sisi Emosional Konsumen

Menurut pakar neuroscience, emosi adalah unsur yang sangat diperlukan dan paling berpengaruh terhadap keputusan seseorang dalam pembelian. Biasanya orang sering membeli sesuatu karena barang yang tersebut dapat meningkatkan mood dan membuat lebih bersemangat.

Pertimbangan-pertimbangan seperti fungsi barang, spesifikasi barang dan hal teknis lainnya bisa dikalahkan oleh emosional seorang konsumen. Jadi, alih-alih menjelaskan kepada konsumen dengan menunjukkan spesifikasi dan fiturnya, jelaskan kepada konsumen bagaimana hal itu akan membuat mereka merasa senang dan puas ketika menggunakan produk Anda. Hal ini dapat membangkitkan sisi emosional konsumen dan mereka akan cenderung membentuk koneksi dengan brand Anda.

2. Menerapkan Teknik Compromising Effect

Compromising effect merupakan efek yang ditimbulkan saat konsumen diberikan opsi mengenai produk yang Anda tawarkan. Kalau dalam bisnis minuman, biasanya mereka menggunakan opsi ukuran minuman sebagai cara promosinya. Misalnya ukuran minuman disediakan opsi small (S), medium (M), dan large (L). Kebanyakan konsumen akan memilih ukuran medium (M) karena tidak terlalu banyak atau terlalu kecil.

3. Menggunakan Trik Limited Edition

Salah satu trik psikologi marketing yang dianggap sukses adalah dengan menerapkan trik kelangkaan atau limited edition terhadap produk mereka. Trik ini sudah sering dilakukan, terutama oleh toko baju atau fashion.

Toko akan melabeli produk dengan kalimat “limited edition”, sehingga bagi konsumen hanya orang yang beruntung saja yang bisa mendapatkannya. Karena barang hanya sedikit dan terbatas.

Baca Artikel Selanjutnya : 5 Bisnis Franchise yang Bisa Anda Coba, Untung Besar!

psikologi marketing

 

4. Diskon atau Potongan Harga

Trik ini sangatlah efektif karena semua orang pasti menyukai diskon. Selain memotong harga, Anda juga dapat membuat trik beli 2 gratis 1 atau beli 2 diskon 50%. Anda juga bisa memberi diskon dalam bentuk voucher.

5. Sediakan Tester

Trik yang satu ini lebih cocok dicoba oleh bisnis kuliner. Tujuan dari menyediakan tester sendiri tidak hanya untuk membuat konsumen mencobanya, tetapi juga agar mereka merasa sungkan setelah mencoba dan membelinya.

6. Maksimalkan Design dan Copywriting

Konsumen bisa dibuat tertarik karena terpengaruh dengan kalimat persuasif atau gambar yang ditampilkan pada produk. Maka dari itulah design yang bagus dan copywriting sangat memperngaruhi penjualan.

7. Buat Konsumen FOMO

Membuat konsumen merasa Fear of Missing Out (FOMO) merupakan trik psikologi marketing dengan membuat konsumen takut ketinggalan produk-produk Anda. Dapat dilakukan dengan membuat edisi-edisi baru yang menarik, misalnya sesuai waktu seperti Natal atau Lebaran. Trik ini dapat menarik minat pelanggan supaay berebut untuk membeli.

Itu dia beberapa trik psikologi marketing yang dapat digunakan dalam bisnis untuk menarik konsumen untuk membeli produk Anda. Anda yang ingin memulai bisnis bisa mencoba trik-trik tersebut agar penjualan bisnis Anda meningkat.