bisnis bakso

Bakso Jadi Bisnis Kuliner yang Tepat, Ini Keuntungannya

Bakso merupakan salah satu makanan favorit banyak orang, maka tak heran jika bisnis kuliner bakso seringkali menguntungkan. Jika kamu ingin membangun bisnis kuliner cobalah untuk membuat bakso, karena ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan di antaranya yaitu:

1. Tidak pernah sepi pelanggan

Masyarakat Indonesia sejak dulu sampai sekarang, tidak ada yang bosan dengan bakso. Meski bisnis kuliner bakso ini sangat banyak di pasaran. Penjual bakso tidak akan pernah sepi dengan pembeli, karena pesona bakso tidak pernah habis terutamanya bagi pecinta bakso.

Tekstur bakso memiliki daya tarik bagi pecintanya. Bakso kenyal, lebih lembut dan mudah dimakan, serta kuah yang gurih memberikan cita rasa tersendiri bagi lidah orang Indonesia.

2. Promosi lebih mudah

Karena bakso sangat banyak peminatnya, maka dari itu promosinya cukup mudah. Bagi Anda yang ingin membuka bisnis ini, maka Anda hanya perlu memasang spanduk mengenai bakso yang kita jual di depan tempat jualan Anda. jika ada orang yang melihatnya, maka mereka akan datang ke tempat Anda.

Pastikan warna, tulisan dan gambar yang ada di spanduk itu harus menarik. Tujuannya, agar orang yang melihatnya akan tertarik untuk datang dan membeli bakso yang Anda jual.

Anda juga dapat menyebarkan brosur ke orang-orang sekitar dekat anda jualan. Tetap perhatikan tulisan atau font, warna dan gambar yang menarik pelanggan.

Biaya untuk promosi semua itu tidak mahal. Harga pembuatan spanduk besar paling tidak 200 ribu rupiah. Sedangkan, pembuatan brosur juga menyesuaikan banyaknya orang yang akan anda beri atau juga bisa menyesuaikan dengan budget yang Anda miliki.

3. Laba cukup banyak

Laba bisnis kuliner bakso cukup banyak. Satu porsi bakso bisa mendapatkan laba minimal 3000 rupiah. Apabila laba tersebut dikalikan dengan banyaknya porsi yang dihabiskan saat sekali penjualan, maka lumayan juga keuntungannya. Jika ada penjualan lain seperti kerupuk sebagai tambahannya, maka Anda juga akan mendapatkan penghasilan juga dari itu.

Baca Artikel Selanjutnya : 7 Trik Psikologi Marketing yang Bikin Bisnis Meningkat

bisnis bakso

4. Alat dan bahan mudah didapat

Alat yang digunakan untuk pembuatan bakso pastinya terdiri dari alat penggilingan daging, panci, dan kompor untuk memasak baksonya. Alat untuk sajiannya biasanya menggunakan mangkuk, serta sendok dan garpu.

Bahan yang digunakan ialah daging sapi atau ayam sebagai bahan dasar, bumbu-bumbu dapur, serta penyedap rasa. Sedangkan untuk bahan taburannya biasanya menggunakan bawang goreng, kubis yang diiris-iris, dan daun bawang. Jangan lupa untuk penambah rasa biasanya ditambahkan kecap, saus, sambal atau dapat juga jeruk nipis.

5. Cara pengolahannya mudah

Pembuatan bakso terbilang sangat mudah sekali. Daging sapi atau ayam yang sudah dipotong-potong, digiling dengan alat penggilingan. Daging yang sudah halus, diuleni menggunakan air es atau es batu dan ditambahkan garam sampai adonan mudah dibentuk dan lebih kalis.

Bahan-bahan seperti garam, putih telur, merica, dan bawang putih halus bisa dimasukkan ke dalam adonan daging yang sudah digiling. Aduk adonan sampai bahan-bahan tercampur rata.

Cara membuat baksonya dengan mengambil adonan tadi dalam genggaman tangan dan tekan genggaman tersebut hingga adonan daging keluar dari sela antara ibu jari dan jari telunjuk. Setelah itu ambil adonan menggunakan sendok jika sudah benar-benar terlihat bulat. Terakhir masukkan ke dalam rebusan air mendidih dalam panci.

Setelah adonan matang, bola-bola bakso tadi akan terapung diatas permukaan air. Bola-bola bakso pun siap untuk diangkat dan ditiriskan.

Bakso bisa disajikan dengan kuahnya yang terdiri dari kaldu sapi, tambahan merica, garam, dan gula. Letakkan bakso tersebut ke dalam mangkuk dan tambahan mie biasa atau bihun. Jika ingin terlihat menarik, bisa ditambahkan daun bawang, irisan kubis dan bawang goreng.

Itulah beberapa keuntungan bisnis kuliner bakso yang bisa kamu dapatkan. Dengan begitu kamu bisa kembalikan modal dengan cepat.