Bank-bank Digital yang Ada di Indonesia Saat Ini

Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat di Indonesia membuat banyak orang memilih tren serba online, dari berbelanja kebutuhan sehari-hari hingga kebutuhan pokok seperti membeli kendaraan bermotor, rumah, perhiasan sampai yang sedang happening sekarang ini trading crypto. Hal ini membuat mode pembayaran yang dipilih pastinya pembayaran secara digital, maka dari itu banyak bermunculan dalam pengembangan dunia perbankan, salah satunya adalah Bank Digital.

Jika melihat perkembangan di kota-kota maju di luar negeri seperti Amerika serikat, sudah banyak sekali sejak tahun 2015 bermunculan bank digital disana, misalnya Bank DBS, Bank HSBC, Nubank, Kakao Bank sudah sejak lama membuat produk bank digitalnya, hal ini dipengaruhi permintaan pasar di Amerika yang lebih banyak menggunakan mobile banking daripada datang ke ATM atau ke Bank Konvensional itu sendiri, maka dari itu bank-bank di amerika akan menargetkan semua bank konvensional disana di tahun 2030 akan memiliki produk bank digitalnya sendiri yang akan dibantu untuk sistem keamanannya oleh otoritas perbankan di Amerika.

Fungsi dan Keuntungan Bank Digital

Hadirnya bank digital di Indonesia memberikan dampak positif, apalagi ketika sedang maraknya pandemi covid-19 yang melanda Indonesia, banyak larangan dan dibatasinya untuk berkunjung ke bank konvensional, padahal banyak pebisnis yang harus cepat dalam melakukan transaksi guna menstabilkan usaha yang dijalaninya. Jadi apa saja fungsi dan keuntungan memilih Bank Digital? simak uraiannya dibawah ini ya

  1. Akses transaksi 24 jam
    Ketika memilih untuk menggunakan bank digital, salah satu keuntungan yang didapat adalah akses selama 24 jam,hal ini membantu dari segi manajemen bisnis yang sedang berkembang, pebisnis akan lebih efisien ketika ingin bertransaksi dengan rekan bisnisnya dan bisa mencakup wilayah lebih luas dan waktu yang tidak terbatas. Layanan ini belum mampu dilayani jika menggunakan bank konvensional.

  2. Biaya transaksi tidak terkendala Potongan Admin
    Keuntungan selanjutnya menggunakan bank digital adalah tidak adanya biaya admin, yang mungkin bisa terjadi jika menggunakan layanan bank Konvensional, seperti biaya admin bulanan, biaya admin per transaksi perbankan.
  3. Keamanan data transaksi
    Keuntungan selanjutnya adanya jaminan keamanan data transaksi oleh otoritas jasa keuangan (OJK), karena tidak semua produk bank digital dapat lolos seleksi keamanan dari OJK, jadi jika ada bank yang memang sudah meluncurkan produk Bank digitalnya maka secara otomatis nasabah yang menggunakannya akan terjamin keamanan data dirinya.

Bank Digital yang sudah Aktif di Indonesia

Bank digital adalah merupakan salah satu pengembangan dari sistem e-wallet dan mobile banking, di luar negeri sudah banyak sekali pengembangan bank digital yang terbukti mampu membantu masyarakat untuk tidak harus beraktifitas diluar rumah ketika ingin bertransaksi keuangan, hanya menggunakan gadget bisa mendapatkan apapun yang orang inginkan dan tidak memandang tempat ketika ingin bertransaksi.

  1. Bank Digital BLU – Produk Bank BCA
    Produk dari Bank swasta BCA ini sudah cukup lama meluncurkan produk bank digitalnya. kelebihan jika nasabah menggunakan BLU ini adalah bebas biaya admin bulanan, bebas biaya admin transfer ke bank lain, bebas biaya admin transaksi isi ulang atau top up ke gopay, spay dan sejenisnya.

  2. Bank Digital Jenius – Produk BTPN
    Produk Bank digital selanjutnya adalah Jenius, bank digital jenius ini merupakan produk dari BTPN yang sangat mengandalkan fitur lengkap untuk transaksi kaum kekinian, hampir semua fitur dari bank digital Jenius ini terintegrasi dengan E-commerce yang ada di Indonesia. Jadi Jenius ini mungkin bisa dikatakan bank digital paling lengkap daripada bank-bank digital yang sudah ada di Indonesia.

  3. Bank Digital Jago
    Bank digital selanjutnya yang sudah ada di Indonesia masih termasuk baru ini, lahir di pertengahan bulan tahun 2021, layanan unggulan dari bank jago ini adalah dimudahkan nasabah untuk menabung dan membayar transaksi online, bank jago juga memberikan bunga bank yang tinggi ketika ada nasabah yang ingin mendaftarkan deposito online dengan besaran hingga 4,2% setiap tahunnya.

  4. Bank digital Digibank – Produk Bank DBS Indonesia
    Bank digital selanjutnya, merupakan digibank dari produk bank DBS yang baru saja tahun 2021 kemarin di nobatkan sebagai bank digital terbaik di amerika, dengan pelayanan yang hampir sempurna, digibank menjadi bank paling bisa menggaet kaum milenial hingga lebih dari satu juta nasabah di Amerika serikat, untuk di Indonesia digibank juga sudah mulai banyak dilirik oleh kaum milenial karena performa pelayanan-nya yang bagus.

  5. Bank Digital Wokee – Produk Bank Bukopin
    Bank digital selanjutnya adalah wokee dari bank bukopin, layanan yang berbeda dengan bank digital lain adalah tanpa adanya nomor rekening, nasabah tetap bisa bertransaksi, hanya dengan nomor handphone saja sudah bisa mengakses banyak layanan ecommerce.

Jadi sudah tahu kan, bank digital terbaik di Indonesia ternyata sudah ada dan merupakan produk dari Bank yang familiar. Gunakan transaksi aman dan lebih efisiensi waktu Anda dengan bank digital.