Beberapa Bisnis yang Akan Terdampak Langsung oleh Resesi 

Kabarnya pada tahun 2023 yang akan datang, kita sebagai masyarakat Indonesia akan terdampak oleh kondisi buruk dalam perkembangan ekonomi. Dimana pada kondisi ini ekonomi tidak akan sama lagi dengan sebelumnya, akan ada krisis keuangan yang begitu besar. Kondisi ini disebut dengan nama lain yaitu resesi ekonomi. Bahkan bapak Presiden Joko Widodo juga sudah memperingatkan bahwa akan adanya kondisi ini paling cepat yaitu pada tahun 2023. Kita saat ini sebagai masyarakat Indonesia hanya harus selalu waspada dan mempersiapkan diri jika benar adanya resesi ekonomi tersebut. 

Salah satu yang harus kita waspadai dalam menghadapi resesi adalah mengenai bisnis yang akan terdampak langsung oleh resesi. Karena ada beberapa bisnis yang memang berkaitan langsung dengan terjadinya resesi ekonomi. Meskipun ada juga beberapa jenis bisnis yang tahan dengan resesi. Maka, kamu sudah harus pastikan bahwa bisnis yang sedang kamu jalani bukan bagian dari bisnis yang rentan terdampak resesi. Atau setidaknya jika memang bisnis yang kamu jalani sekarang terdampak resesi, kamu bisa menyiapkan diri agar tidak banyak terkena dampak yang buruk. 

Nah maka dari itu kamu harus mengetahui beberapa bisnis yang akan terdampak langsung oleh resesi ekonomi, agar nantinya kamu bisa mengantisipasi berbagai kejadian buruk yang siap datang kapan saja. Ini dia beberapa bisnisnya sebagai berikut. 

Bisnis Ekspor Ke Negara yang Resesinya Lebih Tinggi

Bisnis ekspor yaitu suatu bisnis yang fokusnya adalah mengirimkan barang ataupun bahan makanan dari Indonesia ke negara-negara tertentu yang membutuhkan suplay bahan makanan atau barang yang hanya ada di Indonesia. Biasanya Indonesia akan menyiapkan materiil seperti batu bara sampai bahan kain tekstil untuk dikirimkan ke negara tertentu. 

Pengiriman ekspor ini biasanya akan dilakukan dalam jumlah yang banyak, sehingga jika dikirim pada negara yang terkena dampak resesi nya lebih tinggi, pasti akan berdampak buruk juga pada perusahaan ekspor di Indonesia. Salah satu negara yang memiliki dampak resesi yang tinggi adalah Amerika Serikat, jadi jika Indonesia ekspor ke negara ini dapat dipastikan akan ikut terdampak langsung oleh resesi. 

Bisnis Properti

Bisnis properti seperti jual beli rumah apartemen atau tempat  apapun merupakan bisnis yang tidak kecil modalnya. Harus banyak properti yang dimiliki oleh para pemilik bisnis properti agar para konsumen tertarik dan dapat memilih properti mana yang bisa mereka beli atau sewa. Tetapi sayangnya angka pembelian properti akan turun jika terjadi properti. 

Hal ini dikarenakan bahwa masyarakat saat mengalami keburukan finansial karena dampak dari resesi ekonomi tidak akan dulu memikirkan untuk membeli kebutuhan yang akan mengeluarkan budget yang besar. Sedangkan harga properti biasanya memiliki harga yang sangat mahal. Maka para pemilik bisnis properti akan rugi karena tidak bisa memutarkan uang mereka dan menutupi modal yang besar itu. 

Bisnis Pariwisata

Masyarakat Indonesia memang senang sekali pergi-pergian, bertamasya ke tempat yang menawarkan berbagai jenis pariwisata baik di dalam negeri atau bahkan ke luar negeri. Tetapi uang yang dibutuhkan untuk mengunjungi tempat wisata apalagi tempat yang jauh pasti mengeluarkan uang yang banyak, sedangkan jika sedang mengalami kondisi ekonomi tidak stabil akibat resesi dapat dipastikan masyarakat akan berpikir ribuan kali untuk memakai uang dengan bijak. 

Bisnis pariwisata ini juga banyak yang akan terdampak, sektor yang ada di dalamnya cukup beragam. Misalnya seperti bisnis perhotelan, bisnis travel, bisnis penyewaan transportasi, bisnis makanan yang ada di sekitar tempat pariwisata dan masih banyak bisnis lainnya yang berkaitan dengan pariwisata yang akan terdampak langsung oleh resesi ekonomi yang nantinya akan datang. 

Bisnis Non Primer

Saat resesi ekonomi tiba, masyarakat pasti akan mengedepankan keburukan primer dibanding dengan kebutuhan non primer. Ini Kan sangat efektif sekali untuk berhemat agar masih bisa bertahan hidup dalam kondisi yang memprihatinkan. Maka dari itu, para pengelola bisnis non primer seperti fashion, transportasi mewah, makanan tambahan dan yang lainnya pasti terkena langsung dampak resesi ekonomi. 

Masyarakat akan lebih selektif lagi untuk memilih barang atau makanan yang akan mereka beli yang memang dibutuhkan untuk kehidupan sehari-hari saja. Para pelaku bisnis non primer harus bersiap-siap dengan kondisi tersebut. 

Beberapa bisnis yang akan terdampak langsung oleh resesi seperti yang diinformasikan dalam tulisan ini sebenarnya adalah sebuah perkiraan karena dilihat dari keterkaitan resesi dengan bidang bisnis yang ada. Sedangkan kebutuhan masyarakat berbeda satu sama lain, sehingga akan berbeda juga dampak yang akan dialami oleh setiap orang. Tetapi kita harus tetap waspada dan mengantisipasi dampak buruk dari resesi ekonomi yang akan datang. Nah semoga informasi dalam tulisan ini dapat bermanfaat bagi kamu para pelaku bisnis yang berpotensi memiliki dampak resesi yang tinggi.