Buntut Kenaikan BBM di Berbagai Sektor

Kenaikan BBM yang belum lama ini terjadi di Indonesia sudah pasti memunculkan pro dan kontra tersendiri di kalangan masyarakat. Karena bagaimanapun ketika bahan bakar meningkat harganya sudah pasti akan merembet kepada hal-hal yang lain.

Kamu tentunya sudah merasakan dan mengetahui bahwa belakangan ini banyak masyarakat yang mengeluhkan bahwa pertalite yang sebelumnya bisa mereka gunakan untuk satu minggu ini bahkan tidak sampai seminggu sudah habis. Hingga muncul dugaan bahwa kandungan pada bensin jenis pertalite ini diganti, harga naik tapi kualitas menurun siapa yang tidak merasa dirugikan.

Dampak yang muncul ketika BBM naik

Sejak dulu di Indonesia ketika harga BBM melonjak sudah pasti akan berdampak kepada sektor usaha lain, walaupun ada pengamat yang mengatakan bila sebenarnya jika harga BBM naik seharusnya tidak mempengaruhi harga jual atau apapun.

Tetapi pada kenyataannya yang kita temui saat ini banyak yang sudah mulai menaikkan harga produk di pasaran. Nah berikut di bawah ini adalah sektor-sektor yang terpengaruh dengan kenaikan BBM, yaitu :

  • Ekonomi 

Hal yang paling terasa terkena dampak dari naiknya harga BBM ini adalah sektor ekonomi. Fendi Susiyanto yang merupakan seorang pakar di bidang saham mengatakan bahwa ada begitu banyak investor pada pasar saham sekarang ini sedang mencermati dan mengawasi bagaimana dampak dari kenaikan harga bahan bakar tersebut untuk Indonesia walaupun sudah pasti ekonomi merupakan yang pertama kali akan goyah.

  • Terjadi demo

Hal kedua tentunya akan berdampak pada sosial, sama seperti pada kenaikan BBM sebelum-sebelumnya tentu akan muncul para pendemo di mana mereka menentang kenaikan bahan bakar. Nah di saat demo inilah yang sebenarnya harus diwaspadai oleh pemerintah, sebab sering terjadi kontak fisik antara pendemo dengan aparat yang menjaga. 

Walau biasanya memang ada provokator di dalamnya, hal lain yang harus diperhatikan adalah ketika sedang terjadi aksi demo bisa membuat para pedagang yang mencari nafkah dengan berjualan di jalan terkena dampak buruknya.

  • Naiknya harga bahan pangan

Disadari atau tidak sekarang harga pangan sudah mulai naik perlahan, tentunya bagi masyarakat dengan ekonomi rendah dan mereka yang berpenghasilan kecil sangat merasakan dampak dari kenaikan harga tersebut. 

Walaupun ada yang mengatakan bila seharusnya kenaikan BBM tidak mempengaruhi harga bahan pangan, mungkin mereka lupa bahwa pendistribusian bahan-bahan tersebut menggunakan transportasi yang diisi dengan BBM.

Tentu saja hal ini akan mempengaruhi, sebab mereka yang mendistribusikan bahan-bahan tersebut tetap harus mencari keuntungan hanya untuk kendaraan mereka bisa berjalan dan bahan tersebut sampai ke pemesan.

  • Banyak bisnis merugi

Dampak selanjutnya tentu pada sektor usaha karena mereka tidak mungkin secara langsung menaikkan harga jual begitu saja, karena apabila mereka tiba-tiba menaikkan harga jualnya bisnis yang mereka jalani bisa merugi. 

Wakil ketua dari kadin DPR 3 yaitu Sinta W. Kamdani juga mengatakan jika sektor usaha dapat terdampak baik secara langsung maupun tidak, ia menjelaskan bahwa sektor logistik yang pastinya akan terbebani.

Apabila hal itu telah terjadi maka dikhawatirkan jika daya beli dari para konsumen akan menjadi menurun sehingga produksi pun akan mengikuti permintaan pasar. Dan tentunya saat daya beli dari para konsumen ini turun, hasil yang akan diterima oleh pihak produksi tidak sebesar sebelumnya.

  • Pertumbuhan konsumsi akan melambat

Dampak berikutnya yang terjadi saat BBM harganya melonjak yaitu pertumbuhan konsumsi yang lambat walau hal ini mungkin tidak berlangsung lama karena secara bertahap masyarakat akan menyesuaikan diri dengan kebutuhan mereka sebagaimana biasanya.

Namun efek di awal tentulah memberikan dampak yang cukup signifikan, apalagi ketika masyarakat kelas bawah yang penghasilannya tidak tetap, seperti halnya pedagang, pekerja paruh waktu, buruh lepas, guru honorer dan pekerja informal lainnya.

Pastinya kenaikan harga BBM ini akan sangat berdampak pada kehidupan sehari-hari mereka, karena bagaimanapun mereka harus beradaptasi dan menghitung ulang setiap pengeluaran bulanan nya.

  • Dampak terbesar akan dirasakan oleh pekerja informal

Dampak terbesar tentunya akan dirasakan oleh para pekerja informal, di mana mereka adalah orang-orang yang memiliki profesi seperti freelance, ojek online, taksi, sopir angkot, ojek pengkolan, pedagang dan masih banyak lagi. Di mana pekerja-pekerja seperti ini yang penghasilannya saja tidaklah tetap tentu dengan naiknya harga BBM membuat mereka terbebani.

Contohnya saja ojek, baik untuk yang online maupun yang pengkolan. Begitu harga BBM naik mau tidak mau tarif yang ditetapkan pun akan menjadi lebih tinggi, padahal ketika harga dinaikkan seperti ini membuat pengguna jasa lebih memilih menggunakan model transportasi lain. 

Walaupun tidak semua akan berpindah, tapi pada kenyataannya memang mulai banyak pelanggan dari para ojek ini yang beralih baik menggunakan kendaraan pribadi ataupun berjalan kaki dan juga moda transportasi lain yang harganya lebih murah.

Demikianlah hal-hal yang terdampak akan kenaikan BBM yang sudah terjadi di Indonesia saat ini. Tentunya masyarakat berharap pemerintah dapat lebih bijak supaya mereka yang memiliki ekonomi di bawah rata-rata bisa tetap bertahan hidup.