dana darurat

Butuh Dana Darurat? Cek, Begini Cara Dapatnya!

Menyiapkan dana darurat merupakan bagian penting dalam mengelola keuangan. Tidak mempunyai dana darurat yang cukup dapat membuat Anda berisiko mendapat kesulitan dan terjebak dalam hutang karena tidak siap menghadapi situasi ekonomi tidak terduga di masa depan.

Menyiapkan dana darurat adalah hal yang Anda harus lakukan karena kita sebagai manusia tidak dapat memprediksi apa yang akan terjadi di masa depan. Tetapi, Anda dapat menyiapkannya sedari dini.

5 Tips Menyiapkan Dana Darurat

Karena pentingnya mempunyai dana darurat, berikut ini adalah lima tips untuk dapat menyiapkan dana darurat dengan baik:

1. Perhatikan Kondisi Keuangan

Sebelum memulai menabung, ketahuilah dahulu pendapatan dan pengeluaran setiap bulannya. Hal ini perlu diperhatikan untuk menyesuaikan uang yang ditabung untuk dana darurat dan kondisi keuangan Anda sekarang.

Buat catatan pengeluaran untuk memantau pendapatan dan pengeluaran Anda. Kurangi dan tekan pendapatan yang tidak terlalu penting. Yang dapat Anda lakukan misalnya, mengganti suatu barang dengan brand lain yang lebih murah karena pada dasarnya memiliki fungsi yang sama dengan yang biasa Anda gunakan.

Semakin Anda maksimalkan pengeluaran hanya untuk yang penting-penting saja, maka dana sisanya akan semakin besar untuk menjadi dana darurat. Dengan ini juga, Anda sedang berbelanja dengan bijak yang kalau dilakukan seterusnya akan menjadi kebiasaan baik.

2. Mulai Perlahan-lahan

Anda dapat memulai menabung dan menyisihkan uang untuk dana darurat secara perlahan. Mulailah dari nominal kecil tetapi secara rutin dan teratur. Tentukan nominal dana darurat yang ideal, sesuai dengan kondisi keuangan saat ini.

Berapapun pendapatan Anda, sebaiknya jangan lupa untuk menyisihkan untuk mempersiapkan dana darurat. Anda juga harus memaksa dan mendisiplinkan diri dalam menabung. Memang, awalnya akan sulit karena pengeluaran harus sedikit ditekan. Tetapi, manfaat dari mempersiapkan dana darurat ini sangat banyak.

Baca Artikel Selanjutnya : Mau Pinjam Online? Ini 7 Hal yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Aplikasi Pinjaman Online

dana darurat

3. Tekan Pengeluaran yang Tidak Penting

Biasanya, kita cenderung memiliki keinginan untuk membeli barang yang tidak penting atau sebetulnya tidak terlalu diperlukan. Terkadang juga kita mengeluarkan uang untuk memberikan self-reward kepada diri sendiri sebagai iming-iming yang terkadang sebetulnya jumlahnya terlalu sering.

Terkadang juga terlalu sering makan di luar padahal dengan memasak akan lebih memangkas pengeluaran. Atau hal-hal lain yang tidak menjadi prioritas dan membuat proses mempersiapkan dana darurat menjadi terhambat.

Mulailah menaruh prioritas dan mempersiapkan dana darurat lebih konsisten lagi. Ingat mengapa Anda memulai dan tujuan Anda.

4. Tidak Menunda

Mempersiapkan dana darurat membutuhkan waktu yang tidak sebentar dan tidak instan. Tidak menunda adalah kunci dari mempersiapkan dana darurat supaya sesuai dengan target Anda untuk masa depan.

Jadi, janganlah menunda dalam mempersiapkan dana darurat. Jangan karena merasa masih muda maka Anda menunda dulu. Sebaliknya, karena masih muda, maka harus dimulai sejak dini. Pengeluaran tidak terduga bisa terjadi kapan saja, maka dari itu persiapkanlah diri sejak awal.

5. Mempunyai Rekening Khusus

Anda dapat memisahkan dana darurat yang telah Anda siapkan dalam rekening terpisah dari rekening utama Anda. Tujuannya adalah supaya dana darurat tidak tercampur dengan pengeluaran lain. Anda juga bisa lebih fokus dalam menabung dan mengumpulkan dana darurat.

Mempersipakan dana darurat sifatnya adalah untuk jangka panjang dan tidak instan. Kunci dari mempersipkan dana darurat adalah konsisten sehingga akan terus termotivasi untuk selalu mengumpulkan lebih banyak lagi. Dan juga, untuk mempersiapkan diri menghadapi ketidakpastian di masa depan yang tidak diketahui siapa pun.