investasi bodong

Cara Cerdas Terhindar Dari Investasi Bodong

Pernahkah kamu mendengar tentang investasi bodong? Pada dasarnya investasi bodong adalah tindakan penipuan yang bisa menghampiri siapa saja. Para korban yang mengalaminya pun bisa rugi hingga ratusan hingga milyaran rupiah. Melihat kerugian yang disebabkan, sebaiknya Anda menghindari jenis investasi bodong ini. Lalu bagaimana caranya? Untuk lebih jelasnya, simak ulasannya berikut ini. 

Cara Terhindar dari Investasi Bodong 

Target dari investasi bodong sangatlah luas. Bahkan orang yang sudah berpengalaman dalam investasi bisa juga tertimpa musibah ini. Agar Anda terhindar dari investasi bodong, berikut ini adalah caranya: 

1. Jangan tergoda untung yang tidak masuk akal 

Ketika berbicara tentang investasi, maka Anda harus tahu bahwa ada resikonya. Walaupun setiap tawaran investasi pasti akan ada keuntungan yang dijanjikan, tapi bukan berarti Anda percaya begitu saja. Anda tetap harus waspada. 

Adapun iming-iming yang selalu dijanjikan dari investasi bodong ini. Semisalnya adalah keuntungan berlipat hingga 100% dalam waktu satu bulan. Hal tersebut sudah jelas tidak mungkin. Kemudian misal dijanjikan hadiah emas, giro atau lain sebagainya dalam waktu yang terbilang singkat. 

Janji-janji seperti itu dalam dunia investasi sangatlah tidak mungkin. Karena seperti yang sudah disinggung tadi, bahwa tetap saja ada resiko yang akan Anda alami. Jadi, ketika Anda mendapatkan penawaran yang terlalu luar biasa, sebaiknya berhati-hati agar tidak terjerat dengan investasi bodong. 

2. Cek legalitas 

Cara selanjutnya agar Anda bisa terhindar dari investasi bodong adalah dengan mengecek legalitas dari perusahaan investasi tersebut. Untuk melakukan pengecekan sendiri sangatlah mudah, Anda hanya tinggal mengunjungi situs OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. 

Seluruh lembaga keuangan baik itu bank, pembiayaan finansial hingga perusahaan investasi harus terdaftar di OJK. Dengan terdaftar di OJK berarti perusahaan tersebut sudah menyetujui regulasi yang ditetapkan pemerintah dalam masalah investasi. Tidak hanya itu, OJK juga memiliki jaminan bagi para investor ketika terjadi masalah hukum. 

Apabila ketika dicek ternyata nama perusahaan tidak terdaftar atau malah masuk daftar hitam OJK, lebih baik Anda tidak melanjutkan investasi tersebut. Sehingga Anda pun bisa terhindar dari penipuan berkedok investasi. 

3. Perhatikan bentuk dan cara investasinya 

Setiap investasi mempunyai bentuk dan caranya sendiri. Bila Anda ingin melakukan investasi pada perusahaan, perhatikan isi kontraknya. Semisalnya adalah pembagian keuntungan, hak apa saja yang akan Anda dapatkan dan lain sebagainya. 

Apabila perusahaan memang sudah memiliki standar sendiri dan sudah sesuai dengan peraturan yang ditetapkan oleh OJK, maka tidak masalah Anda berinvestasi. Tapi, jika ternyata peraturan yang digunakan perusahaan sangatlah bias atau tidak ada keterangan benefit apa yang akan Anda dapatkan, lebih baik jauhi. 

4. Jangan begitu saja menyerahkan dana 

Poin yang satu ini berhubungan dengan poin sebelumnya. Ketika Anda ingin berinvestasi, jangan pernah dengan mudahnya menyerahkan dana. Anda harus melihat dulu kontraknya. Apa saja pasal yang tercantum dan bagaimana perjanjian bagi hasilnya. 

Apabila seluruhnya jelas, maka Anda bisa menyerahkan dana yang akan masuk sebagai investasi. Serahkan dana sehabis menandatangani kontrak. Jangan sebelum menandatanganinya. Jika nyatanya Anda mendapatkan pasal yang janggal, bertanyalah terlebih dahulu. Tapi, jika memang tidak ada kejelasan, segeralah tinggalkan penawaran investasi tersebut. 

5. Hati-hati dengan sistem perekrutan 

Investasi yang terpercaya biasanya tidak akan menggunakan sistem perekrutan. Contoh dari sistem ini adalah Anda diminta untuk mengajak teman agar bisa ikut berinvestasi. Hal ini dilakukan oleh investasi bodong agar dapat memperoleh dana dalam jumlah yang besar. 

Perekrutan ini sendiri pun juga akan memberikan Anda iming-iming bagi hasil jika memang bisa mengajak teman dalam jumlah tertentu. Padahal dalam investasi yang sebenarnya, perekrutan tidaklah mungkin dilakukan. Perusahaan investasi terpercaya mencari dana untuk modal. Maka, mereka sudah pasti akan menggunakan aturan yang jelas. 

6. Mencari informasi lebih detail 

Cara terakhir agar Anda terhindar dari investasi bodong adalah dengan mencari informasi terkait investasi yang ditawarkan. Anda harus mencari seluruh informasinya dengan lengkap. Jangan hanya bertanya kepada Google saja, tapi juga bertanya ke lembaga pengawas, salah satunya OJK. 

Bila Anda mencari di Google, carilah di forum-forum investasi yang sudah terpercaya. Hal ini sendiri sangatlah penting. Karena semakin banyak Anda menemukan informasi yang akurat, maka penilaian Anda pun juga akan semakin tepat. 

Informasi yang harus Anda cari adalah seperti alamat perusahaan, company profile, legalitas dan lain sebagainya. Jika perlu lakukan konsultasi dengan ahli investasi yang sudah terpercaya. Dengan mencari seluruh detail tentang investasi yang ditawarkan, maka Anda akan lebih mudah memutuskan akan berinvestasi atau tidak. 

Demikianlah beberapa cara cerdas agar Anda terhindar dari investasi bodong. Jika ternyata Anda mendapatkan penawaran investasi yang tidak jelas, maka jangan ragu untuk melapor ke OJK. Supaya korban tidak akan bertambah banyak.