indonesia

Deretan Daerah Termiskin di Indonesia

Indonesia dikenal sebagai negara yang mempunyai kekayaan alam yang berlimpah. Hal ini terbukti dari zaman dahulu, di mana negara lain selalu ingin menguasai tanah Indonesia. Meski begitu, ternyata di Indonesia sendiri ada beberapa daerah termiskin. Mungkin sebagian dari Anda akan kaget dengan beberapa daerah yang dinyatakan miskin. Dimana saja daerahnya? Ikuti pembahasannya berikut ini. 

Daerah Termiskin di Indonesia 

Hingga saat ini memang kesejahteraan masyarakat belum rata. Tentu saja ini menjadi pekerjaan rumah yang tidak ada habisnya. Karena tidak seluruh daerah di Indonesia dapat menikmati apa yang Anda dapatkan sekarang ini. Mana saja daerah di Indonesia yang masuk sebagai daerah termiskin? Berikut ini adalah daftarnya: 

1. Papua 

Papua sebenarnya adalah daerah yang sangat kaya. Daerah ini sendiri mempunyai kekayaan alam yang sangat bernilai tinggi, yaitu emas. Anda pasti sudah tahu akan hal ini. Tapi, nyatanya Papua masih menjadi salah satu daerah termiskin di Indonesia. Pernah sekali tercatat dari 2,8 juta penduduk Papua, tingkat kemiskinan adalah 28,40%. 

Tentu saja jumlah tersebut sangatlah banyak. Pasti kalian bertanya kenapa Papua menjadi daerah miskin di Indonesia? Padahal kekayaan alamnya sendiri tidak ada nilainya. Mungkin Anda sudah tahu alasannya. Dimana tambang-tambang emas di sana yang menguasai bukanlah negara sendiri. Tapi, negara lain yang terus-terusan mengeksploitasi emas milik tanah Papua. 

2. Papua Barat 

Daerah selanjutnya yang juga masuk termiskin di Indonesia adalah Papua Barat. Daerah yang satu ini sendiri cukup miris kondisinya. Karena sekitar 25,73% penduduk di daerah tersebut tidak mampu. Padahal penduduknya hanyalah 760 ribuan. Tentu saja angka tersebut sangatlah tinggi dibandingkan dengan jumlah penduduknya. 

Sama dengan daerah tetangganya, dimana sebenarnya Papua Barat juga mempunyai banyak kekayaan alam yang tak ternilai. Tidak hanya dari emas saja, tapi juga LNG, sawit hingga karet. Belum lagi ada Raja Ampat yang menjadi harta berharga. Pembangunan yang tersendat entah karena apa, membuat Papua Barat masih belum bisa berkembang seperti daerah lain. 

3. NTT

Nusa Tenggara Timur juga masuk sebagai salah satu daerah termiskin di Indonesia. Hal ini juga sudah sejak lama diketahui. Mulai dari sekolah yang tidak layak, tingkat pengguran yang sangat tinggi, gizi buruk dan lain sebagainya. Tentu saja kondisi ini seharusnya menjadi perhatian pemerintah. 

Padahal NTT sendiri mempunyai kekayaan alam yang juga tidak kalah dengan daerah lain. Mulai dari Pulau Komodo yang masuk keajaiban dunia, pertambangan di sektor biji besi hingga berbagai jenis batuan berharga lainnya.

Dalam sektor pertanian, perkebunan dan perikanan pun NTT juga berlimpah. Tapi, sayangnya tingkat kemiskinan dari daerah ini mencapai 22,58%. 

4. Maluku 

Maluku yang kaya akan rempah hingga bangsa Portugis saja mengakuinya. Kala penjajahan pun Maluku menjadi salah satu daerah yang diincar oleh banyak negara. Keindahan alamnya pun juga sangat memukau. Tapi, sayang sekali Maluku sekarang ini adalah salah satu daerah termiskin di Indonesia. 

Tingkat kemiskinan di daerah ini sendiri mencapai 19,36%, dimana tentu saja sangatlah tinggi jika dibandingkan dengan penduduk yang tinggal di sana. Hal yang menjadi penyebab utama kemiskinan di Maluku adalah dari banyaknya konflik yang hingga saat ini masih terjadi. Kondisi inilah yang membuat perekonomian Maluku seperti tidak berkembang. 

5. Gorontalo 

Daerah yang berada di Pulau Sulawesi ini sendiri juga masuk ke dalam daftar daerah termiskin di Indonesia. Sebanyak 18,16% dari total penduduk yang tinggal di Gorontalo masuk sebagai warga miskin. Tentu saja banyak menjadi pertanyaan, mengapa kota yang mempunyai keindahan alam sangat memukau ini masuk sebagai daerah termiskin di negeri ini. 

Tidak hanya dari potensi wisata yang sangat hebat, Gorontalo juga adalah salah satu daerah penghasil jagung paling besar di Indonesia. Bahkan sekali panen, bisa ributan ton. Selain itu, hasil dari kelautan pun juga sangatlah besar. Maka, tidak heran jika banyak sekali masyarakat yang bertanya kenapa kota ini bisa menjadi daerah miskin. 

6. Aceh 

Siapa yang menyangka bahwa Aceh adalah salah satu daerah yang masuk dalam daftar termiskin di Indonesia. Sebesar 15,43% dari total penduduk di Aceh adalah warga miskin yang kehidupannya tentu saja memprihatinkan. Kondisi ini diperparah dengan bencana tsunami yang terjadi pada tahun 2004 lalu. 

Bencana ini sendiri memporandakan hampir seluruh bagian Aceh dan pariwisata di kota ini pun menjadi mati. Pemulihan yang masih belum sepenuhnya rata, membuat masyarakat Aceh masih harus berjuang untuk bisa meningkatkan taraf hidup. 

Itulah beberapa daftar daerah termiskin yang ada di Indonesia. Bisa Anda lihat bahwa dari seluruh daftarnya bahwa daerah-daerah yang memiliki tingkat kemiskinan tinggi, memiliki kekayaan alam yang tidak ada duanya. Bahkan mendapatkan pengakuan dari mancanegara. Tapi, pengelolaan yang tidak merata dan juga konflik yang terjadi pun menjadikan daerah tersebut menjadi tidak maju.