Mengenal Apa Itu Ekonomi Kerakyatan

Ekonomi merupakan salah satu aspek penting di setiap negara, karena tidak mungkin ada negara yang tidak terkait dengan urusan ekonomi, setiap bangsa tentunya menjalani kehidupan, dan setiap kehidupan tidak bisa lepas dari urusan perekonomian. Salah satu istilah ekonomi yang dikenal oleh banyak masyarakat Indonesia adalah ekonomi kerakyatan.

Mungkin sebagian dari kamu sudah memahami tentang ekonomi kerakyatan, atau mungkin sekedar sudah mengetahui istilah tersebut namun belum terlalu memahami maksud dari istilah ekonomi kerakyatan. Apa sebenarnya ekonomi kerakyatan? Berikut ini penjelasan lengkap seputar ekonomi kerakyatan.

Pengertian, Tujuan dan Ciri Ekonomi Kerakyatan

Untuk dapat mengenal apa itu ekonomi kerakyatan, maka kamu harus pahami pengertian, tujuan dan manfaat ekonomi kerakyatan. Bagi orang-orang yang sudah pernah membaca-baca buku tentang ekonomi ataupun pemikiran-pemikiran pendiri bangsa tentang ekonomi, maka mungkin sudah tidak terlalu asing pembahasan tentang istilah ekonomi kerakyatan.

Sebenarnya ekonomi kerakyatan sudah tidak asing di masyarakat Indonesia, karena sebelum istilah itu dikenal masyarakat, justru masyarakat lah yang telah mengimplementasikan kegiatan ekonomi yang merupakan ekonomi kerakyatan. Agar kamu mengenal lebih dalam tentang ekonomi kerakyatan, maka berikut ini pengertian, tujuan dan manfaat dari ekonomi kerakyatan.

  • Pengertian ekonomi kerakyatan

Apa sebenarnya ekonomi kerakyatan? Kamu harus tahu bahwa ekonomi kerakyatan adalah ekonomi yang dilaksanakan dengan dasar kepentingan masyarakat dan kemakmuran atau kesejahteraan masyarakat. Sistem ekonomi yang satu ini secara teori ditujukan untuk mewujudkan kedaulatan rakyat pada aspek ekonomi.

Istilah dan gagasan ekonomi kerakyatan mulai dikenal masyarakat Indonesia setelah dikampanyekan dan didorong oleh Presiden Indonesia pertama, yaitu Mohammad Hatta atau bung Hatta sang proklamator. Gagasan-gagasan beliau tentang ekonomi kerakyatan berhasil membangun pondasi ekonomi negara yang tidak berlebihan ke kanan atau ke kiri, melainkan menekankan kepentingan rakyat dan kedaulatan ekonomi rakyat.

  • Tujuan ekonomi kerakyatan

Sebagaimana beberapa sistem ekonomi lainnya, ekonomi kerakyatan juga memiliki tujuan tertentu. Tujuan dari ekonomi kerakyatan adalah mewujudkan sistem ekonomi dari mulai gagasan, konsep, prinsip-prinsip dan pelaksanaannya benar-benar didasari oleh kepentingan masyarakat dan kepentingan mewujudkan kedaulatan rakyat.

Dengan tujuan itu, maka diharapkan masyarakat mendapatkan manfaat ekonomi, seperti keberdayaan masyarakat dalam aspek ekonomi, kedaulatan rakyat dalam aspek ekonomi, sampai meminimalisir kemungkinan penderitaan rakyat diakibatkan oleh pelaksanaan ekonomi yang merugikan mereka.

  • Ciri ekonomi kerakyatan

Setelah membahas tentang tujuan ekonomi kerakyatan, maka selanjutnya kamu harus pahami apa saja yang menjadi ciri ekonomi kerakyatan. Tentunya setiap gagasan dan sistem ekonomi memiliki cirinya masing-masing, begitu pun ekonomi kerakyatan. Apa saja ciri ekonomi kerakyatan? Berikut ini penjelasannya.

Salah satu ciri paling mudah dikenali dari sistem ekonomi kerakyatan adalah mekanisme pasar yang menjunjung tinggi keadilan dan persaingan dilakukan dengan sehat, mengutamakan kepentingan umum, serta memberikan kesempatan yang sama kepada siapapun untuk bekerja, mendapatkan hak dari pekerjaan, atau juga hak membangun dan menjalankan usaha.

Prinsip-Prinsip dari Ekonomi Kerakyatan

Setelah memahami penjelasan seputar ekonomi kerakyatan dari mulai pengertian, tujuan sampai ciri dari ekonomi kerakyatan, maka selanjutnya kamu juga harus pahami prinsip-prinsip dari ekonomi kerakyatan. Prinsip-prinsip ekonomi kerakyatan adalah sikap dasar yang dipegang kuat, diambil dari nilai-nilai yang mendasar dari gagasan utama.

Apakah kamu tahu apa saja prinsip-prinsip dari ekonomi kerakyatan? Jika belum, maka berikut ini penjelasan lengkap tentang prinsip-prinsip yang mendasari ekonomi kerakyatan, simak agar kamu menjadi paham.

  • Disusun dengan asas kekeluargaan

Sistem ekonomi merupakan hal-hal sistematis yang tersusun dengan baik untuk membangun sebuah sistem ekonomi yang diharapkan. Ekonomi kerakyatan adalah sistem ekonomi yang disusun dengan asas kekeluargaan, dimana setiap pihak sepakat dan berkomitmen mengutamakan kepentingan ekonomi umum atau mengutamakan kepentingan masyarakat.

  • Pembagian kuasa alat produksi ekonomi

Prinsip selanjutnya adalah adanya pembagian kuasa alat produksi ekonomi. Berbeda dengan sistem kapitalis liberal atau sosialis komunis, sistem ekonomi kerakyatan memiliki prinsip tersendiri terkait kepemilikan kuasa atas beberapa alat produksi ekonomi dalam suatu negara.

Indonesia memegang erat sistem ekonomi kerakyatan, dimana alat-alat produksi ekonomi dibagi kekuasaannya. Misalnya, produksi penting seperti air, listrik dan lain sebagainya dikuasai oleh negara, termasuk kekayaan alam, dikuasai negara untuk kepentingan rakyat sepenuhnya. Akan tetapi juga tidak melarang masyarakat untuk memiliki dan menjalankan alat produksi ekonomi lainnya.

  • Pemerintah harus mengurus rakyat miskin dan anak terlantar

Sebagaimana tercantum dalam UUD 1945 pasal 34, bahwasanya pemerintah memiliki tanggung jawab atas hidup rakyat fakir miskin dan anak terlantar, itulah salah satu prinsip dari ekonomi kerakyatan, jadi negara tidak boleh membiarkan rakyatnya mengalami kemiskinan, dan tidak boleh juga membiarkan adanya anak terlantar.

Itulah penjelasan tentang ekonomi kerakyatan, dari mulai pengertian, tujuan, hingga prinsip-prinsip ekonomi kerakyatan. Simak penjelasan di atas dengan baik agar kamu paham lebih dalam tentang ekonomi kerakyatan.