Mengenal CVV, Tiga Digit terakhir di Belakang Kartu ATM

Mengenal CVV, Tiga Digit terakhir di Belakang Kartu ATM

Tahukan Anda, tiga digit terakhir yang terdapat di belakang kartu ATM bisa digunakan untuk transaksi online ? Kode CVV atau Card Verification Value biasanya terletak di samping kanan authorized signature atau tanda tangan pemilik kartu ATM. 

Kode CVV tidak hanya tersedia pada kartu kredit saja, akan tetapi juga ada pada kartu debit dan beberapa e-wallet (dompet digital). CVV termasuk kode keamanan kartu yang memiliki fungsi sebagai bukti verifikasi ketika Anda bertransaksi secara online sehingga bersifat rahasia. 

Oleh karena itu, setiap pemegang kartu ATM wajib mengetahui semua informasi tentang CVV. Pemahaman yang detail terhadap CVV bisa menjauhkan Anda dari segala bentuk penyalahgunaan kartu.  

Alasan Kenapa CVV Penting untuk Dirahasiakan

Anda harus memastikan bahwa kode CVV tidak diketahui oleh orang lain. Alasan yang pertama, kode tersebut merupakan bukti verifikasi untuk menyelesaikan tahap transaksi yang dilakukan secara online. Apabila kode CVV yang dicantumkan sesuai dengan yang tertera pada kartu ATM milik Anda, maka Anda akan dikirimkan kode otorisasi pada nomor ponsel. Maka, usahakan agar kode CVV tidak diberikan kepada orang lain untuk meminimalisir penyalahgunaan oleh pihak yang tak bertanggung jawab.

Alasan yang kedua yaitu dengan merahasiakan kode CVV, maka segala bentuk penipuan dapat Anda hindari. Pihak-pihak yang ingin menyalahgunakan kartu Anda, tidak akan bisa berkutik tanpa mengetahui kode CVV. 

Banyak pengguna kartu ATM yang tidak begitu peduli dengan keamanan kode CVV. Masih banyak yang beranggapan bahwa CVV tidak begitu penting sehingga aman-aman saja apabila diketahui orang lain. Padahal ketika kode tersebut sudah tersebar, para oknum akan semakin mudah untuk melakukan pembobolan terhadap kartu Anda. Daripada harus menanggung kerugian yang sangat besar, jagalah kerahasiaan kode CVV milik Anda.

Jenis Kartu yang Menggunakan Kode Keamanan CVV

Pada beberapa kartu yang diterbitkan oleh lembaga keuangan, pasti akan diberikan kode keamanan CVV. Namun biasanya letak kodenya berbeda-beda pada setiap jenis kartu. Dan berikut jenis kartu yang terdapat kode CVV, antara lain adalah sebagai berikut :

1. VISA dan MasterCard

Setiap kartu yang memiliki lambang atau logo VISA dan MasterCard pasti terdapat tiga digit kode CVV pada bagian belakang kartu. Anda bisa menemukannya pada kartu ATM BRI, BCA, Mandiri, BNI dan lain sebagainya. Anda juga bisa menggunakannya untuk bertransaksi di seluruh dunia. Namun tidak perlu khawatir karena dengan kode CVV, keamanan kartu Anda tetap akan terjaga.

Mengenal CVV, Tiga Digit terakhir di Belakang Kartu ATM

2. Paypal

Meskipun bukan termasuk kartu debit maupun kredit, alat pembayaran ini juga diberikan kode keamanan CVV. Anda harus mengakses dashboard Paypal untuk mendapatkan CVV. Kode tersebut bisa dipilih berdasarkan jumlah yang ditentukan dan merchant yang akan dijadikan langganan. 

3. American Express

Pada jenis kartu lainnya, kode CVV terdiri dari tiga digit nomor sedangkan kartu American Express (Amex) memiliki empat digit nomor CVV yang ukurannya jauh lebih kecil diabndingkan kartu berlogo VISA atau MasterCard. Dan berbeda dengan kartu lainnya, CVV bisa Anda temukan di bagian depan kartu.

Tips untuk Menjaga Keamanan Kode CVV

Meskipun kode CVV tampak terlihat jelas pada kartu ATM, akan tetapi keamanannya harus tetap dijaga. Nah, di bawah ini kami memberikan beberapa tips untuk menjaga keamanannya, di antaranya sebagai berikut. 

1. Jangan Mempublikasikan Kartu ATM di Sosial Media

Apabila Anda termasuk orang yang aktif di sosial media, sebaiknya urungkan niat Anda untuk memposting data-data yang bersifat pribadi. Jadi, jangan pernah mempublikasikan kartu ATM milik Anda ke sosial media seperti instagram, facebook maupun whatsapp. Karena bisa jadi kode CVV yang tertera pada kartu akan terlihat oleh banyak orang .

2. Pilihlah Situs Belanja Online (E-commerce) yang Terjamin Keamanannya

Di era digital seperti sekarang ini, banyak bermunculan situs belanja online yang memudahkan Anda dalam melakukan berbagai transaksi. Akan tetapi, kemudahan tersebut harus disertai dengan kejelian Anda dalam memilih situs yang terpercaya dan aman. Jangan sampai Anda justru terjebak dalam situs yang dibuat oleh oknum yang tidak bertanggung jawab untuk mempergunakan kode CVV Anda. 

3. Jangan Menyimpan Kode CVV dalam Ponsel

Mencatat kode CVV dalam fitur-fitur seperti notes yang ada pada ponsel akan sangat berbahaya. Karena data-data yang disimpan pada ponsel mudah diretas oleh para oknum. Ditambah lagi apabila ponsel Anda tiba-tiba hilang atau dicuri, besar kemungkinan data-data tersebut akan disalahgunakan. 

4. Pasang Keamanan Ganda

Anda bisa menggunakan sistem keamanan ganda untuk menjaga kode CVV agar tetap aman. Sebagai contoh, setiap Anda melakukan transaksi secara offline gunakan PIN tambahan agar kode CVV tidak mudah diketahui oleh orang lain.