Mengenal Lebih Jauh Mengenai Investasi Cryptocurrency

Cryptocurrency

Pada akhir April 2021 ini, public dolah dikejutkan dengan adanya kenaikan dari jumlah investor aset digital yang berbentuk Cryptocurrency.  Tak disangka sangka, jumlah investor dari aset crypto akhir bulan Februari itu bisa mencapai 4,2 juta orang. Namun,  angka tersebut masih di bawah jumlah dari investor pasar modal yang telah mencapai 4,5 juta.

Tetapi hal ini memiliki keunikan tersendiri karena jumlah dari investor crypto pada saat ini sudah mengalahkan jumlah dari investor saham. Berdasarkan dari data Bursa Efek Indonesia (BEI), jumlah pada Single Investor Identification (SID) saham untuk bulan Februari 2021 bisa mencapai hingga 2 juta akun

Dan untuk jumlah investor cryptocurrency telah mencapai 4,2 juta pada bulan Februari 2021. 

Lalu, apakah Cryptocurrency legal di Indonesia?

Untuk sejauh ini Cryptocurrency yang ada di Indonesia hanya diperuntukkan untuk menjadi sebuah komoditas yang dapat diperdagangkan pada bursa yang berjangka. Sejauh ini telah ada 229 Cryptocurrency di Indonesia yang telah diakui berdasarkan dari Peraturan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi Nomor 7 mengenai penetapan daftar aset kripto yang bisa diperdagangkan pada pasar fisik aset kripto. Peraturan tersebut telah berlaku sejak 17 Desember 2020.

Nah, untuk kamu yang belum mengetahui Cryptocurrency, mari kita simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

Definisi dari Cryptocurrency

Cryptocurrency atau biasa disebut dengan kripto merupakan sebuah mata uang yang berbentuk aset digital yang telah dirancang sebagai media untuk pertukaran yang menggunakan Kriptografi yang kuat untuk dapat mengamankan transaksi keuangan, verifikasi transfer aset dan juga mengontrol penciptaan unit tambahan.

Sebenarnya, Cryptocurrency merupakan sebuah mata uang digital yang digunakan untuk bertransaksi dalam sebuah jaringan internet.

Cryptocurrency merupakan gabungan dari dua kata yakni “cryptography” memiliki arti kode rahasia, dan “currency” memiliki arti mata uang.

Sehingga Cryptocurrency ini telah dilindungi oleh sandi yang rahasia serta rumit untuk dapat menjaga keamanan dan melindungi. Namun, jika kamu lupa tentang kata sandi dari dompet digital ini maka hal tersebut akan berujung fatal. Nah, telah pembahasan ini apakah kamu telah memahami definisi dari Cryptocurrency?

Sifat dari Cryptocurrency

Lain halnya dengan mata uang konvensional yang telah kita gunakan pada kehidupan sehari-hari. Cryptocurrency mempunyai beberapa sifat tersendiri, seperti yang ada di bawah ini.

  • Truthless, ketika memang Cryptocurrency kamu tidak lagi perlu percaya terhadap siapapun pada system untuk membuat nya dapat bekerja.
  • Terdesentralisasi, Cryptocurrency tidak dikelola langsung oleh server dari pusat.
  • Terenkripsi, tidak ada lagi syarat siapa yang bisa menggunakan kripto dan juga untuk apa seseorang tersebut menggunakan nya. Selain itu, tidak terdapat nama asli dari setiap akun, yang ada hanyalah sebuah kode.
  • Global, Cryptocurrency ini tidak terafiliasi oleh negara manapun. Seluruh crypto bersifat universal dan bisa dipakai dengan bebas antar negara. Sehingga tidak ada Cryptocurrency yang khusus untuk negara Indonesia maupun negara lainnya.  
  • Peer-to-Peer, Crypto dilanjutkan dari satu orang ke orang lainnya secara langsung dengan metode online.
  • Digital, yang berarti crypto hanya bisa berlaku pada komputer sehingga tidak dalam berbentuk fisik.

Fungsi dari Cryptocurrency

Tidak terlalu beda dengan mata uang pada umumnya, kripto juga bisa dipakai untuk segala kegiatan ekonomi. Berikut ini ada beberapa fungsi dari Cryptocurrency yaitu:

  • Untuk membeli barang

Saat ini sudah banyak perusahaan maupun organisasi yang telah bekerjasama dengan menggunakan Cryptocurrency menjadi sebuah alat pembayaran.

  • Sebagai alat investasi

Crypto ini resiko nya yang sangat tinggi sama seperti dengan returnnya juga yang sangat tinggi menjadikan banyak orang akan tergiur karena hal tersebut.

  • Untuk membeli jasa

Tidak hanya bisa untuk membeli paket premium aplikasi dan juga makanan saja, jika kamu menggunakan kripto ini kamu bisa juga membeli tiket penerbangan sampai membooking hotel.

  • Menjadi alat pembayaran

Saat ini hampir seluruh perusahaan mulai tertarik untuk menggunakan Cryptocurrency sebagai sebuah alat pembayaran. Belum lama ini Tesla telah berencana untuk menggunakan kripto sebagai alat transaksi. Tidak hanya itu saja, sekarang banyak perusahaan yang juga ikut serta untuk menggunakan kripto ini sebagai alat untuk pembayaran karena mudah dan juga keamanannya terjaga.

  • Pertambangan

Untuk bisa mengkonfirmasi transaksi dan juga mencatatnya, para pengguna harus dapat memecahkan teka-teki dari kripto yang dianggap cukup rumit. Proses tersebut biasa disebut dengan pertambangan kripto atau mining. Untuk dapat melakukannya, kamu dapat bekerja dalam sebuah tim. 

Ketika melakukan pertambangan tersebut dalam tim, maka kamu harus bisa sepakat untuk membagi seluruh keuntungan yang telah didapatkan kepada anggota tim mu.

Nah, itulah tadi pembahasan mengenai Cryptocurrency yang harus kamu ketahui sebelum kamu menggunakannya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu dan pembaca lainnya. Selamat mencoba!