Pemerintah Bakal Bangun Bandara Bali Utara

Bali merupakan salah satu pulau surga dunia yang berada di Indonesia, pulau bali sangat menarik perhatian wisatawan lokal maupun wisatawan asing. selain menawarkan objek wisata pantai, pulau bali juga menawarkan cerita sejarah yang tertuang dalam kesenian dan banyaknya pura atau candi yang berada di hampir seluruh pelosok pulau bali.

Dalam mendukung pariwisata yang sudah sangat ramai di wilayah Bali selatan, pemerintah mulai melirik pengembangan wisata ke wilayah bali sebelah utara, karena masih akan banyak eksplorasi wisata maupun industri disana. menurut pemerintah daerah permintaan wisata ke bali selatan sudah sangat membludak dan mungkin tidak akan cukup pelayanan hingga beberapa tahun kedepan, maka dari itu pemerintah daerah Bali mulai menggarap dari akses jalan ke Bali utara, salah satunya dengan membangun kembali rencana pembangunan Bandara bali utara supaya tidak ada kesenjangan pengembangan hanya di selatan pulau Bali saja, wisatawan akan semakin memiliki pilihan destinasi di seluruh pulau bali. 

Wilayah Bali Utara juga memiliki destinasi alam yang masih belum banyak dijajaki oleh wisatawan seperti di wilayah buleleng dan singaraja. untuk mendukung akses yang cepat dengan pembangunan bandara bali utara, jadi pulau bali memiliki dua bandara internasional yang sama rata dari segi fasilitas dan pelayanannya.

Dikebutnya rencana pembangunan bandara bali utara dan diproyeksikan akan rampung pada tahun 2024 ini membuat banyak investor ingin masuk ke Bali utara, salah satunya investor dari negeri tirai bambu yaitu perusahaan CCFG yang merupakan salah satu perusahaan milik negara China. dengan adanya kerjasama jangka panjang ini akan membuat industri-industri di bali utara semakin naik seperti halnya di Bali selatan.

Kapan Target Bandara Bali Utara Rampung?

Sebenarnya rencana pembangunan bandara baru di bali utara sudah diresmikan oleh pemerintah sejak tahun 2015,akan tetapi kurangnya minat investor yang masuk membuat proyek bandara baru ini terhenti beberapa tahun, dan di tahun 2020 sudah ada kesepakatan antara pemerintah Bali dengan investor asing dari China yaitu CCFG (Construction first Group). 

Lokasi pembangunan bandara baru bali utara ini berada di Kubutambahan, kabupaten Buleleng, Bali adalah lokasi yang sangat strategis, karena di buleleng banyak industri, universitas, pelabuhan dan juga wisata-wisata alam yang luar biasa. rencana pembangunan bandara baru ini diproyeksikan akan membuat akses ke seluruh destinasi wisata dan industri bali utara akan semakin maju secara keseluruhan. target pemerintah dan investor yang sudah masuk akan dimulai dari awal tahun 2021 ini dan siap digunakan pada tahun 2024.

Pemerintah dalam pembangunanya akan dibantu oleh perusahaan kontraktor BUMN yaitu PT Waskita Persero yang bekerjasama dengan Perusahaan milik Investor utamanya yaitu construction first group (CCFG) dari China.

Dampak Positif Dibangunnya Bandara Baru Bali Utara

Jika sudah dirampungkannya bandara baru di bali utara tentunya akan memberikan dampak positif bagi masyarakat bali utara, tidak bisa dipungkiri adanya pembangunan tersebut akan menjadikan akses jalan ke daerah kota singaraja maupun sampai pelosok-pelosok daerah kabupaten buleleng akan merasakan dampak positifnya yaitu seperti bertambahnya lapangan pekerjaan, pembangunan pelabuhan, pembangunan objek wisata, pembangunan tempat bersejarah yang pastinya akan semakin beragam.

Selain dari segi pembangunan akses jalan dan pengembangan wisata, rencana pemerintah beserta investor akan menyasar pada sektor pertanian, karena di bali utara ini banyak sekali pegunungan dan hamparan sawah, perkebunan yang perlu dikembangkan lagi supaya peluang masyarakat bali utara akan lebih menghasilkan pertanian unggulan.

Tempat wisata Menakjubkan di Bali Utara

Masih banyak sekali wisata alam dan pantai yang belum terjamah atau masih bisa dikembangkan di bali utara, masyarakat bali utara mengharapkan dengan adanya pembangunan bandara baru bali utara dan pengembangan sektor wisata akan membuat beberapa wilayah yang masih bisa dijadikan icon terbaru ketika berwisata di bali utara. Apa saja tempat wisata yang dapat dikunjungi di Bali utara? simak penjelasannya dibawah ini,

  1. Vihara terbesar di Pulau bali – Vihara Brahma Arama
    Wisata menakjubkan dengan budaya hindu yang kental ini berada di kecamatan banjar, Buleleng

  2. Pantai Lovina
    Pantai dengan sunset yang indah dan juga adanya kawanan lumba-lumba ini berada di wilayah pesisir singaraja.
     
  3. Kebun Raya Bedugul
    Kebun raya yang terletak di bedugul ini cocok buat wisatawan yang ingin melihat koleksi tanaman dan biota laut yang disusun mirip di museum.

  4. Danau Beratan
    Danau yang terletak di pegunungan sisi utara buleleng ini, memiliki pulau yang iconic yaitu pulau kecil ulun danu, dapat diakses menggunakan speedboat jika ingin bersua foto disana.

  5. Danau Tamblingan
    Danau tamblingan sebenarnya bukan tempat wisata yang sembarangan bisa dikunjungi, karena pemangku adat memberikan akses terbatas ke lokasi ini supaya tempat bersejarah bagi umat hindu tetap terjaga.