Pusat Perbelanjaan di Jakarta yang Mulai Sepi Akibat Maraknya Toko Online

Tidak bisa kita pungkiri, sekarang ini gaya belanja orang-orang Indonesia sudah berangsur beralih, yang sebelumnya melakukan berbagai transaksi secara offline saat ini sudah banyak orang yang melakukan hampir seluruh transaksinya melalui online, termasuk berbelanja secara online. Kepala BPS yaitu Suhariyanto juga mengakui bahwa maraknya transaksi jual beli online di Indonesia sangat signifikan, dan menjadi salah satu faktor utamanya yaitu pertumbuhan berbagai jenis e-commerce yang sangat cepat.

Kondisi tentu berimbas kepada mereka yang merupakan pelaku usaha konvensional yang mengandalkan orang bukan melalui online, tidak sedikit pusat perbelanjaan khususnya di kawasan Jakarta menjadi sepi, tiada lain adalah hadirnya toko online yang keberadaannya sangat dekat dengan masyarakat. Terdapat beberapa alasan mengapa banyak pusat perbelanjaan yang sepi dan masyarakat justru memilih berbelanja secara online. Berikut penjelasannya.

1.       Hemat Waktu, Tenaga dan Terhindar dari Kemacetan

Semua orang melihat bahwa lalu lintas di kota Jakarta sangat padat dan selalu mengalami kemacetan apalagi di jam-jam sibuk dan membutuhkan tenaga agar bisa berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain. Maka tidak heran apabila tersedianya layanan belanja online dan masyarakat memilih untuk belanja lewat sebuah aplikasi dan sejenisnya.

Dengan begitu mereka tidak perlu repot lagi untuk melewati padatnya lalu lintas agar bisa sampai ke pusat perbelanjaan, Anda dapat memperoleh produk atau barang yang Anda cari dengan hanya mengakses melalui internet dan tanpa harus membuang waktu, tenaga dan tanpa harus macet-macetan di jalan.

2.       Ada Banyak Promo

Banyaknya e-commerce yang bermunculan membuat para pebisnis toko online memberi banyak promo agar menarik pelanggan. Berbagai promo yang ditawarkan oleh toko online seperti inilah yang semakin membuat masyarakat berlomba-lomba untuk memanfaatkan transaksi digital. Bentuk promo yang biasanya ditawarkan oleh toko online pun beragam, seperti potongan harga pembelian, poin reward sampai voucher belanja.

Selain itu belanja online juga menjadi lebih hemat bila Anda bisa pandai dalam memaksimalkan kartu kredit yang dimiliki. Karena selalu tersedia poin reward, promo sampai cicilan nol persen yang dapat membuat pembelian online lebih hemat. Tidak perlu khawatir apabila Anda belum memiliki kartu kredit. Itulah yang menjadi salah satu alasan mengapa pusat perbelanjaan di kota Jakarta menjadi sangat sepi.

3.       Tersedia Banyak Metode Pembayaran

Seperti yang sudah ada saat ini, begitu banyak para pelaku bisnis online melakukan kerja sama oleh bank serta lembaga multifinansial yang menjadi partner pembayaran. Hal tersebut membuat banyak sekali toko online ataupun e-commerce yang turut menyediakan layanan cicilan, entah itu kartu kredit, cicilan tanpa menggunakan kartu kredit. Anda juga dapat membeli sebuah barang  tanpa mengeluarkan uang banyak di awal dan bisa membayarnya dengan cara diangsur.

4.       Memiliki Produk Lebih Lengkap dan Bervariasi

Anda pasti pernah mendatangi langsung pusat perbelanjaan untuk mencari dan membeli sebuah barang, namun Anda pulang tanpa membeli apa-apa sebab barang atau benda yang dicari tidak tersedia di toko tersebut. Hal ini sering terjadi, toko konvensional sudah biasanya mengalami peristiwa seperti ini dan tidak lebih lengkap dari toko online. Tiada lain karena semua pelaku yang ada di bisnis online mereka datang dari semua wilayah dan bahkan dari seluruh penjuru dunia, maka tidak heran jika apa yang Anda inginkan, apa yang Anda cari dan apa yang ingin beli semuanya bisa ditemukan dengan mudah.

5.       Dapat Membandingkan Harga Produk

Apabila Anda berbelanja barang yang diinginkan di sebuah toko konvensional, pastinya akan sedikit susah untuk membandingkan satu barang dengan barang lain. Tapi beda halnya dengan apa yang bisa di lakukan di toko online, Anda tinggal melihat beberapa toko online dalam waktu bersamaan, mencari produk yang akan dibeli, kemudian membandingkan harga dari setiap toko satu per satu.

Tidak hanya itu saja, dengan perkembangan digital yang semakin maju, Anda juga dapat melihat perbandingan bukan dari segi harga saja, tapi juga dari sisi lain seperti membandingkan bonus, promo, review dari para pembeli dan lain sebagainya. Semuanya bisa Anda lakukan di toko online tapi jika diterapkan pada toko konvensional tentu tidak bisa, itulah mengapa banyak pusat perbelanjaan di Jakarta menjadi sepi ditambah lagi adanya virus corona.

6.       Mendapatkan Kenyaman

Sebenarnya pusat perbelanjaan juga sering menawarkan diskon agar menarik para pembeli. Akan tetapi, seperti yang Anda ketahui, ketika ada pergelaran diskon tentu pengunjung akan membludak dan harus berdesak-desakan untuk mendapatkan barang yang diinginkan.

Yang menjadi masalah adalah, apabila kondisi harus berdesak-desakan, menunggu berjam-jam untuk membayar ke kasir agar bisa menyelesaikan semua transaksi, tidak ada orang yang benar-benar menyukai kondisi seperti itu. Nah, hadirnya toko online orang tidak perlu lagi dengan yang namanya mengantri lama, berdesak-desakan sampai berkeringat bahkan ada yang pingsan.

Lewat layanan yang ada di toko online, dan promo yang disediakan, semua orang bisa mengaksesnya dengan nyaman dan bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun.